Disusun oleh: Mohamad Abdurokhim, Mutia Handayani, Tri Utami, Silmy
Nauli Izzati
INSTRUMEN WAWANCARA SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI KABUPATEN TEGAL ROMBEL
6C
Bidang Kurikulum
a.
Kurikulum apakah yang diterapkan di sekolah ini?
b.
Apakah kekurangan dan
kelebihan yang dirasakan sekolah dalam menerapkan kurikulum tersebut?
c.
Apakah terdapat dampak akibat
pelaksanaan kurikulum 2013 di SD regular terhadap sekolah?
d.
Selain kurikulum nasional yang
ditetapkan oleh depdikbud, adakah kurikulum tambahan di sekolah ini?
e.
Target apa yang ingin dicapai
dengan diterapkanya kurikulum tambahan tersebut?
f.
Tolong jelaskan apakah
perbedaan konten kurikulum untuk sd regular dengan kurikulum yang diterapkan di
sd ini?
g.
Apakah terdapat tujuan praktis
yang berbeda bagi setiap ketunaan yang telah dirancang dalam kurikulum?
h.
Adakah kebijakan sekolah untuk
melakukan usaha penyempurnaan kurikulum tambahan dalam jangka waktu tertentu?
i.
Dalam penyelenggaraan SLB,
perbaikan yang manakah yang dirasakan paling penting untuk segera dilaksanakan?
Bidang Administrasi Sekolah dan Sarpras
1.
Administrasi
a.
Kebijakan apa sajakah yang
dibuat oleh kepala sekolah dalam pengelolaan sekolah?
b.
Sistem organisasi yang seperti
apa yang diterapkan di sekolah ini?
c.
Bagaimanakah tata cara
rekruitmen dan pembinaan pegawai di sekolah ini?
d.
Bagaimanakah sistem
kepegawaian / jenjang kepangkatan di sekolah ini?
e.
Berapakah jumlah tenaga
pendidik dan pegawai lainnya dalam sekolah ini? Jelaskan dengan detail
pekerjaannya?
f.
Setiap satu pendidik
bertanggung jawab terhadap berapa siswa?
g.
Apakah system ini sudah ideal?
h.
Adakah hubungan kerjsama yang
dijalin oleh pihak sekolah dengan pihak lainnya dalam rangka mengoptimalkan
potensi siswa? Hubungan
2.
Macam sarana prasarana di sm
ini ekolah
a.
Apakah fasilitas, sarana dan
prasarana sudah memadai?
b.
Bagaimana teknis pengadaan
fasilitas ?
c.
Bagaimana penggunaan fasilitas
sekolah yang telah tersedia?
d.
Bagaimana mengelola fasilitas
yang ada di sekolah?
e.
Bagaimana pemeliharaan dan
pengawasan terhadap fasilitas yang tersedia?
f.
Apa sajakah upaya yang
dilakukan pihak sekolah untuk memlengkapi
fasilitas yang belum memadai?
g.
Bersumber dari manasajakah
anggaran dana yang dialokasikan sekolah untuk melengkapi sarana dan prasarana
serta hal penting lainnya yang diperlukan sekolah?
h.
Anggaran yang ada,
dialokasikan untuk apasaja?
i.
Jika boleh ditanyakan,berapa
biaya pendidikan yang dibayarkan siswa setiap bulanya?
Sarana Prasarana
a.
Apakah sarana dan prasarana
yang ada di sekolah hanya secara uum atau sudah di khususkan untuk
masing-masing anak yang berkebutuhan khusus?
b.
Jenis apasajakah sarana dan
prasarana yang disediakan sekolah untuk siswa baik yang tergolong umum maupun
khusus? (baik untuk mobilisasi siswa maupun proses pembelajaran)
c.
Apakah semua siswa dan guru
sudah menggunakan sarana prasarana yang telah disediakan oleh sekolah?
d.
Bagaimana perencanaan keuangan
untuk memenuhi kebutuhan siswa yang beragam? Apakah hanya mengandalkan bantuan
dari pemerintah atau ada sumber dana lain? (exp: penarikan dari wali murid)
e.
Bagaimana mengatasi atau
mensiasati keterbatasan sarana prasarana dimiliki?
Ekstrakurikuler
a.
Jenis ekstrakurikuler apa saja
yang ada di sekolah?
b.
Apakah ekstrakurikuler juga
disesuaikan dengan keadaan siswa atau hanya secara umum?
c.
Bagaimana cara pelayanan atau
pelaksanaan kegiatan ekstrakurikulernya?
d.
Siapa yang menjadi instruktur
/ pendamping kegiatan ekstrakurikuler? Apakah dari tenaga ahli atau dari guru
internal?
e.
Apakah kegiatan
ekstrakurikuler efektif pelaksanaannya?
f.
Kendala apa yang dialami dalam
pengadaan kegiatan ekstrakurikuler?
g.
Apa tips atau kiat agar
kegiatan estrakurikuler berjalan dengan baik?
h.
Bagaiaman tindak lanjut dari
kegiatan ekstrakurikuler? Apakah pada sebuah ajang perlombaan?
i.
Bagaimana prestasi yang
dicapai sekolah dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler?
j.
Motivasi apa yang diberikan
pada siswa untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler?
GOLONGAN B1 (TUNA
RUNGU-WICARA)
a.
Layanan apa yang diberikan
untuk golongan ABK B1?
b.
Adakah klasifikasi khusus
untuk golongan B1?
c.
Adakah penggolongan tingakatan
kelas pada B1?
d.
Apa sajakah yang dipersiapkan
guru sebelum proses pembelajaran?
e.
Bagaimana system pembelajaran
yang dilaksanakan pada kelas B1?
f.
Apakah pada kelas B1 diajarkan
menulis alphabet atau angka-angka?
g.
Bagaimana respon siswa ketika
sedang proses pembelajaran?
h.
Apa saja kendala yang sering
muncul saat proses pembelajaran berlangsung?
i.
Bagaimana guru menanggapi
kendala-kendala tersebut?
j.
Pembelajaran yang berlangsung
apakah selalu pada ruang kelas atau justru di lapangan?
k.
Adakah bahasa isyarat yang
digunakan khusus untuk kelas B1?
l.
Jika ada, bagaimana guru
membelajarkan bahasa isyarat tersebut pada siswa?
m. Materi apa sajakah yang diberikan pada golongan B1?
n.
Adakah kompetensi tertentu
yang harus dikuasai untuk setiap pembelajaran?
o.
Bagaimana cara guru
menjelaskan materi siswa sehingga siswa menangkap apa yang disampaikan guru?
p.
Adakah fasilitas khusus yang
dipersiapkan untuk golongan B1 dalam menunjang pembelajaran?
q.
Adakah tugas-tugas tertentu
yang diberikan guru kepada siswa?
r.
Bagaimana guru mengamati
perkembangan kemajuan masing-masing siswa?
s.
Pernahkah siswa merasa kesulitan
dalam mengikuti pembelajaran yang berlangsung?
t.
Bagaimana hubungan social
anak-anak B1 dengan yang lainnya, bisakah mereka berkomunikasi dengan baik?
Golongan C (Tuna grahita rendah)
1. Layanan apa yang diberikan pada golongan C?
2. Apa kendala yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran?
3. Perbedaan individu tunagrahita itu bervariasi, bagaimana cara guru
agar mampu memberikan materi dengan optimal?
4. Bagaimana cara penggolongan untuk menetapkan siswa yang C dan C1?
5. Apa perbedaan yang mendasar antara anak C dan C1?
6. Bagaimana persiapan guru sebelum proses pembelajaran?
7. Bagaimana pendekatan yang dilakukan guru terhadap anak tuna grahita?
8. Bagaimana sistem evaluasi yang diterapkan?
9. Bagaimana cara guru agar anak tuna grahita dapat memahami materi
pelajaran?
10. Fasilitas atau latihan apa yang diberikan pada anak tuna grahita?
Golongan C1 (Tuna grahita sedang)
1. Layanan apa yang diberikan pada golongan C1? Apakah sama dengan yang
diberikan pada golongan C?
*INSTRUMEN C
DAN C1 INTINYA SAMA
No comments:
Post a Comment